Aksesoris Motor Modif Yang Bikin Bahaya, Nih!

Motor modif – Hobi otomotif memang sangat digandrungi akhir-akhir ini, baik bagi cowok maupun cewek. Untuk yang satu ini, hobi utak-atik motor memang bukan hanya sekedar hobi, namun bisa menjadi hobi yang menghasilkan. Banyak sekali orang-orang yang buka jasa khusus untuk motor modif. Dengan sedikit sentuhan dan juga keterampilan, motor biasa pun disulap menjadi motor modif yang layak untuk dipertimbangkan.

Modifikasi motor biasanya tidak hanya dilakukan di mesin saja. Namun, modifikasi yang paling banyak adalah modifikasi tampilan motor dengan menambahkan aksesori-aksesori yang dapat menambah penampilan motor tersebut. Aksesori ini biasanya bisa Anda dapat hampir disetiap bengkel dan juga took otomotif di seluruh Indonesia.

Namun tahukah Anda jika tidak semua aksesori motor bagus dan aman bagi pengendara. Sebagian aksesori motor yang dijual bebas tanpa terkontrol dapat menimbulkan bahaya bagi pengendara itu sendiri dan juga pengendara lain.

Aksesori-aksesori apa sajakah itu? Berikut ini akan kita berikan detail kepada Anda:

  • Handgrip Aluminium atau Krom

Aksesoris ini berfungsi sebagai pengatur gas dan pengatur mesin. Jika grip ini terbuat dari aluminium ataupun krom, pastinya permukaan akan licin jika terkena keringat sehingga menyulitkan pengendara pada saat mengontrol gas.

  • Pijakan Kaki (footpeg) aluminium

Pijakan kaki ini ditawarkan dalam berbagai bentuk. Namun, beberapa bentuk ada yang menyalahi aturan sehingga tidak sesuai dengan pijakan kaki. Apabila pijakan terbuat dari aluminium, pastinya akan membuat pengendara licin saat berpijak diwaktu hujan.

  • Tuas Kopling atau Rem

Sebenarnya tuas kopling atau rem buatan pabrik sudah memenuhi standard an juga sesuai untuk jari-jari kita. Namun banyak juga yang menggantinya dengan bentuk yang tidak sesuai sehingga membuat tangan kita cepat lelah dan mempengaruhi daya cengkram si pengendara.

  • Kulit atau Alas Jok

Pastikan Anda menghindari pemakaian kulit licin dan memapas jok Anda menjadi tipis. Sebab, selain untuk bergaya menggunakan jok tipis, desain ini membuat pengendara cepat lelah.

  • Peninggi Setang atau Raiser

Memakai peninggi setang memang tidak bermasalah asalkan si pengendara merasa nyaman. Namun, ada juga beberapa produk raiser yang terbuat dari bahan yang tidak berkualitas sehingga membuatnya mudah patah saat digunakan.

Jadi, sebenarnya sah-sah saja bagi Anda yang suka memodifikasi motor sesuai dengan keinginan asalkan masih sesuai dengan koridor batas wajar dan juga nyaman. Jika Anda sudah melebihi batas wajar yang dirasa dapat membahayakan keselamatan Anda sebagai pengendara dan juga pengendara yang lain, sebaiknya Anda ubah itu semua

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *