Bahaya yang Ditimbulkan Kanker Serviks

Payudara merupakan sebuah aset tubuh paling penting bagi wanita, dan kanker khusus yang sering menyerang kaum wanita ini selalu menjadi momok bagi kaum hawa. Kanker serviks atau sering disebut dengan karsinoma payudara dimana pada bagian wanita muncul tumor yang dapat mengancam dan ganas. Kanker pada payudara ini ternyata bukan hanya dapat menyerang kaum wanita, namun dapat juga menyerang kaum adam sekalipun meski kasusnya terbilang sangat langka.

Kanker payudara ini selalu mengalami peningkatan dalam jumlah penderitanya dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Jadi penting bagi kita, khususnya para wanita untuk menyadari pentingnya pengetahuan dasar bagaimana bentuk normal payudara anda dan apakah adanya perubahan dari waktu ke waktu. Payudara biasanya akan terasa kencang dan padat ketika wanita tersebut mengalami datang bulan atau mens, dan akan terasa lembut dan kendur ketika wanita memasuki masa masa menopause.

Kanker serviks ini dapat dipicu oleh beberapa faktor dimana biasanya akan menimbulkan sel kanker payudara. Biasanya tanda tanda munculnya kanker payudara ini dapat kita ketahui dari beberapa gejala awal yang dapat kita lihat melalui timbulnya benjolan. Benjolan tidak wajar pada payudara selalu menjadi tanda ketidak beresan payudara anda. Perlu diperhatikan bahwa benjolan yang timbul biasanya tidak membuat rasa sakit. Karena benjolan tidak menimbukan rasa nyeri dan sakit, maka anda perlu untuk mengecek kondisi tubuh anda setiap kali anda bercermin. Benjolan ini biasanya adalah gejala awal anda terkena kanker serviks, dan jika bisa, segera cek diri anda kepada dokter spesialis terdekat.

Setelah mengetahui beberapa gejala awal munculnya kanker serviks, anda juga perlu untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab kanker serviks dapat menyerang. Diantaranya adalah bergonta ganti pasangan ketika kita melakukan sebuah hubungan seksual. Bergonta ganti pasangan ketika melakukan hubungan intim, dapat mendatangkan virus HPV atau yang lebih dikenal dengan virus Human Pappiloma Virus yang merupakan virus yang terdiri atas banyak kumpulan virus. Virus ini muncul lewat hubungan intim.

Merokok juga diyakini mampu merusak sel dalam tubuh. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok dapat melemahkan imun tubuh yang berfungsi untuk menangkal terjadinya infeksi HPV. Dalam kasus ini, baik anda merupakan perokok aktif maupun pasif, anda sama sama akan memiliki kesempatan dalam terkenanya virus dan mengidap kanker serviks ini.

Untuk mencegahnya, perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah dalam batasan wajar. Konsumsi buah dan sayuran dapat membantu tubuh kita dan menjaga tubuh kita dalam meningkatkan radikal bebas karena mengandung antioksidan yang menjadi penangkal infeksi serta radikal bebas.

Jika anda adalah seorang yang telah mengidap kanker serviks ini atau muncul beberapa gejala seperti timbulnya benjolan di bagian dada, segeralah konsultasi ke dokter terdekat, dan apabila kanker masih stadium awal, maka pengobatannya dapat kita lakukan dengan cara melakukan pembedahan. Pembedahan dapat kita lakukan secara laser, listrik atau dengan cara pembedahan beku dan membuang jaringan sel virus kanker serviks.

Namun untuk kasus dimana kanker sudah cukup parah dan sudah di stadium akhir, maka tidak ada jalan lain kecuali anda harus mengangkat rahim secara menyeluruh agar kanker tidak berkembang biak lebih luas.

Demikian beberapa ulasan mengenai Bahaya yang ditimbulkan Kanker Serviks yang harus anda ketahui. Jagalah kesehatan, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *