manfaat zat besi

Manfaat Zat Besi Yang Sangat Dicari Manusia

Manfaat kesehatan zat besi terutama mencakup pemberian oksigen yang memberi kehidupan ke sistem organ melalui perannya dalam produksi sel darah merah. Sekitar dua pertiga zat besi tubuh ditemukan di hemoglobin. Manfaat kesehatan lainnya termasuk pencegahan dan pengurangan anemia (selama kehamilan juga), penyakit kronis, batuk, anemia pra-dialisis, dan banyak lainnya.

Apa Pentingnya Zat Besi?

Manfaat kesehatan zat besi berhubungan dengan pertumbuhan tubuh manusia yang tepat dan pemeliharaan kesehatan yang kuat. Ini adalah komponen protein penting untuk metabolisme, dan tubuh manusia membutuhkannya untuk memproduksi sel darah merah. Tubuh manusia mampu melestarikan hingga 25% untuk penggunaan masa depan, terutama dalam kasus asupan makanan yang tidak memadai, yang merupakan cadangan untuk mengurangi dampak anemia, jika asupannya tiba-tiba menurun.

Di tubuh kita, sekitar 70% zat besi ditemukan pada hemoglobin dan mioglobin. Hemoglobin adalah transporter utama oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh, sementara mioglobin berada di sel otot, dan membuat penerimaan, penyimpanan, transportasi, dan pelepasan oksigen di dalamnya. Sekitar 5% dari itu ditemukan sebagai komponen berbagai protein dan sebagai elemen penting dalam reaksi enzimatik tertentu.

Akhirnya, sampai 25% besi tubuh disimpan dalam feritin, yang ada di dalam sel. Feritin dapat menyimpan suplementasi zat besi selama tiga tahun untuk pria, namun hanya sekitar satu tahun untuk wanita, karena itulah anemia lebih sering terjadi pada wanita. Peran dan pentingnya mineral ini tidak dapat diremehkan, terutama karena kekurangannya tidak menyenangkan dan berbahaya.

Gejala Defisiensi Besi

Kekurangan zat besi sering menyebabkan kelelahan berat, kelemahan tubuh, dan penyakit kesehatan lainnya. Orang yang kurang itu tidak bisa melakukan fungsi normal secara optimal. Lebih jauh lagi, wanita dan anak-anak membutuhkan lebih banyak zat besi daripada pria, dan anemia menyerang mereka dengan sangat keras. Kekurangan berat dapat menyebabkan penyakit kulit progresif yang menyebabkan kerapuhan kuku dan kehalusan ekstra di daerah lidah. Proses enzimatik yang membutuhkan zat besi dan protein tidak akan terjadi dan metabolisme tubuh bisa melambat atau bahkan mematikan. Anemia dianggap sebagai kekurangan gizi global yang paling umum.

Sumber Penting Besi

Besi ditemukan pada makanan vegetarian dan non-vegetarian, yang diklasifikasikan sebagai heme atau non-heme. Kacang polong, lentil, kedelai, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, sereal, roti, bayam, lobak, kecambah, brokoli, dan buah kering juga memiliki kadar besi yang baik. Anda juga bisa mendapatkannya dari tablet dan suplemennya, yang oleh pasien anemia sering disarankan untuk dibawa oleh dokter mereka. Makanan yang mengandung kadar vitamin C yang baik juga dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Misalnya, makan burger dengan irisan tomat di atasnya bisa meningkatkan penyerapan zat besi bukan heme dari roti burger. Buah jeruk dan jus seperti jus jeruk juga bisa membantu penyerapannya.

Manfaat Kesehatan Besi

Besi, bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dalam makanan manusia, sangat cocok untuk memberikan sejumlah manfaat, yang dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

Meningkatkan Formasi Hemoglobin

Pembentukan hemoglobin merupakan fungsi utama mineral ini. Tidak hanya itu, karena ini adalah bagian dari hemoglobin, ia membantu mengangkut oksigen ke sel tubuh juga. Hemoglobin tambahan sangat penting karena manusia cenderung kehilangan darah dengan berbagai cara, melalui luka-luka, baik internal maupun eksternal. Terutama, wanita kehilangan jumlah darah dalam jumlah besar setiap bulan selama masa menstruasi mereka, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa wanita lebih mungkin menderita anemia daripada pria.

Meningkatkan Fungsi Otot

Ini adalah elemen vital untuk kesehatan otot. Ini hadir dalam jaringan otot dan membantu menyediakan suplai oksigen yang dibutuhkan untuk kontraksi otot. Tanpa itu, otot kehilangan nada dan elastisitasnya; Kelemahan otot adalah salah satu tanda anemia yang paling jelas.

Meningkatkan Fungsi Otak

Perkembangan otak yang meningkat juga merupakan salah satu dari banyak manfaat zat besi. Karena pasokan oksigen dalam darah dibantu oleh zat besi dan otak menggunakan kira-kira 20% oksigen darah, ini berhubungan langsung dengan kesehatan otak dan fungsinya. Arus darah yang tepat di otak dapat merangsang aktivitas kognitif dan membantu menciptakan jalur saraf baru untuk mencegah gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer, sehingga asupan zat besi dan oksigenasi otak berikutnya sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *