Pengertian Sistem Demokrasi

pengertian apa itu demokrasi

aditw.com РIstilah demokrasi pasti sudah tidak asing di telinga kita, seperti kita ketahui bersama negara kita adalah salah satu dari sekian banyak negara yang menganut asas demokrasi dalam pemerintahannya. Lantas apa itu demokrasi?  Mari kita kupas lebih dalam agar tidak terjadi salah pengertian dalam memahaminya.

Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan suatu negara dimana rakyat yang menjadi penentu/pemegang kekuasaan tertinggi. Pemegang kekuasaan ini bukan berarti rakyat yang menentukan segala sesuatu yang berhubungan dari pemerintahan. Tapi rakyat yang menentukan atau memilih wakil mereka untuk duduk dalam pemerintahan dan menjalankan sistem pemerintahan. Karena itu dalam negara demokrasi pasti ada pemilihan umum (pemilu) yang tujuan utamanya untuk memilih pemimpin atau wakil rakyat yang nantinya akan memimpin negara tersebut.

Demokrasi memiliki asas trias politica yaitu kekuasaan di bagi menjadi tiga yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif yang masing masing dibentuk menjadi sebuah lembaga dan ketiganya berdiri independen atau tidak ada keterikatan satu sama lain. Ketiga lembaga tersebut mempunyai tugas masing masing. Eksekutif bertugas menjalankan fungsi pemerintahan dalam tujuannya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Legislatif adalah lembaga yang tugas utamanya membuat kebijakan yang berpihak pada rakyat yang nantinya kebijakan tersebut dijalankan oleh eksekutif. Yudikatif adalah lembaga peradilan, mengurusi segala masalah yang berkaitan dengan hukum baik itu perselisihan antar rakyat ataupun antar lembaga.

Istilah demokrasi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu demos yang memiliki arti rakyat dan kratos berarti pemerintahan. Dapat disimpulkan  demokrasi adalah pemerintahan rakyat, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sistem demokrasi menjadi indikatorsuatu negara yang maju karena udah tidak ada lagi kekuasan absolut. Pemimpin suatu negara tidak bisa bertindak semena mena karena setiap saat bisa digulingkan oleh kekuatan rakyat yang berada di lembaga legislatif.

Kelemahan sistem demokrasi adalah permainan dalam hal pemilihan umum, karena pemilihan diikuti oleh rakyat pastinya seseorang yang menjadi calon pemimpin membutuhkan modal yang besar agar bisa dikenal oleh seluruh rakyat. Besarnya modal ini yang bisa menimbulkan keinginan untuk mengembalikan modal dengan jalan pintas.

Itulah sekilas pengertian demokrasi. Selalu ada sisi baik dan buruk dari sebuah sitem, namun jika terus diperbaiki niscaya suatu sistem akan menemui titik terbaiknya dan akan berjalan dengan mlus tanpa ada kekurangan yang berarti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *