Resep Kolang Kaling Khas Sumedang

Resep Kolang Kaling Khas SumedangKolang-kaling adalah nama camilan kenyal yang berbentuk lonjong, pada umumnya bewarna putih atau transparan. Dan kolang kaling ini berasal dari pohon aren.

Untuk rasa dari kolang kaling ini ada beberapa macam, ada yang tawar, ada rasa buahnya sampai ada yang pahit.
Kandungan dari kolang kaling adalah kolang kaling memiliki kadar air yang banyak, hingga mencapai 93, 8%, untuk protein yang ada mengandung 0,69 gram, karboidrat 4 gram.

 

 

Dan manfaat dari mengkonsumsi kolang kaling adalah membantu dan memperlancar kerja saluran cerna kita, sehingga usus akan terjaga kesehatannya.

Ada sebuah riset yang menyebutkan bahwa kolang-kaling ini dapat digunakan untuk program diet kita, karena ketika memakannya kita akan merasa kenyang dulu, dan ini bisa bertahan sekitar 1-2 jam, sesuai dengan banyaknya kolang-kaling yang kita makan.

Disamping itu kolang kaling juga bisa menyegarkan tubuh, karena seperti uraian saya sebelumnya bahwa kandungan air yang tinggi, mampu membuat tubuh menjadi lebih segar, ini sangat cocok sekali jika kita masukkan dalam program diet kita.

Kolang-kaling banyak dijual diwaktu bulan ramadan, yah Anda tau sendiri bukan, kalau waktu berbuka kolang-kaling dicampur dengan es cincau jadi apa??? hehehehehe.

Dan untuk kali ini saya akan membahas mengenai kolang kaling yang enak sekali yaitu khas Sumedang, seperti apa kolang kaling tersebut, yuk simak baik-baik ya, selamat mencoba.

 

Bahan-bahan

  • kolang kaling 1/2 kg
  • secukupnya Air
  • 200 ml sirup melon
  • daun pandan 2 lembar

 

Cara membuat es kolang kaling yang enak

  1. Ambil airnya
  2. Lalu rebus sampai mendidih
  3. Masukkan daun pandan, lalu masukkan juga kolang-kaling yang sudah kita siapkan tadi
  4. Rebus semuanya kurang lebih 10 menit
  5. Setelah itu angkat dan tiriskanAmbil lagi air yang baru
  6. Rebus lagi kurang lebih 500 ml
  7. Tambahkan sirup melon, dan daun pandan, aduk perlahan-lahan agar tercapur merata
  8. Masukkan juga kolang-kalingnya.
  9. Rebus dengan api kecil sampai air menyusut atau adonan menjadi kental dan meresap
  10. Simpan dalam wadah, dan kolang kaling siap dinikmati.

 

Demikian cara membuat kolang kaling khas Sumedang, semoga resep ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa di artikel lainnya ya, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *