Sejarah Terbentuknya Klub Sepakbola Chelsea

Chelsea FC atau yang sering dijuluki The Blues adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkaskan di sebuah kota London di Inggris, tepatnya di Fulham. Klub sepakbola Chelsea ini didirikan pada tahun 1905 dan sampai saat ini masih berkompetisi di Liga Utama Inggris atau yang lebih dikenal dengan English Premier League.

Konon diketahui bahwa klub sepakbola Chelsea ini didirikan oleh seorang jutawan yang diyakini bernama Henry Augustus ‘Gus’ Mears dan saudaranya yang bernama Joseph serta Henry Boyer, Alfred Janes dan Edwin sebagai keponakannya. Klub sepakbola Chelsea ini didirikan pada perkumpulan disebuah bar yang diyakini bernama Rising Sun (kini bernama The Butcher’s Hook).

Pada tahun 1904 sebelumnya, Mears sempat membeli sebuah stadion atletik di Fulham dan menamakannya sebagai Stamford Bridge. Pada kala itu, sebuah klub sepakbola yang bernama Fulham sudah eksis dan sebuah nama nama jalan seperti Kensington FC, Stamford Bridge FC atau Londong FC sempat menjadi pertimbangan untuk nama klub tersebut. Pada malam terbentuknya klub sepakbola Chelsea tersebut, seorang manajer tim diangkat, yang bernama John Robertson, yang juga merupakan seorang pemain timnas Skotlandia. Beliau berusia 28 tahun pada saat itu dan dilantik menjadi pemain-manajer pertama tim sepak bola Chelsea FC.

Pertandingan pertama klub sepak bola FC adalah sebuah laga persahabatan tandang dimana Chelsea pada saat itu menghadapi Stockport County. Chelsea kalah dengan skor 0-1 pada saat itu. Sedangkan pada laga persahabatan kandang pertama Chelsea FC, mempertemukan antara Chelsea melawan tim sepak bola Liverpool yang dimana pertandingan itu dimenangkan oleh Chelsea yang menang telak 4-0 atas Liverpool.

John Robertson selaku manajer sekaligus pemain Chelsea FC pada saat itu juga merupakan pemain pertama yang menyarangkan gol ke gawang lawan di laga kompetitif saat pertandingan melawan Blackpool setelahnya.

Stadiun Stamford Bridge dengan cepat meraih kesuksesan dimana pada sebuah laga melawan klub Manchester United pada tahun 1906 saja sudah ada 67rb pasang mata yang menonton di stadium tersebut.

Klub sepakbola Chelsea FC dipromosikan pertama kali ke Divisi Pertama Liga Inggris pada tahun 1907, tepatnya setelah dua tahun sejak didirikannya klub sepakbola tersebut. Tim sepakbola Chelsea berhasil meraih titel pertama mereka pada tahun 1955. Dimana mereka berhasil meraih gelar juara liga. Klub sepakbola Chelsea ini kembali mengulang sukses ketika mereka menambah beberapa tofi di akhir abad ke 20 seperti 3 kali Piala FA, 2 kali piala Liga dan 2 kali Piala Winner.

Tahun keemasan klub sepakbola Chelsea dimulai pada musim 2003-2004 setelah klub sepakbola tersebut diakuisisi oleh miliarder asal Rusia. Sejak saat itu, klub sepakbola Chelsea semakin berjaya dan mampu meraih 4 gelar Liga Inggris, 4 kali Piala FA, 3 kali Piala Liga, dan 1 kali Piala Champions dan 1 kali Juara di Liga Eropa.

Demikian beberapa informasi sekaligus berita bola mengenai sejarah terbentuknya klub sepakbola Chelsea. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *